Breaking News
Loading...
Sunday, May 5, 2013

Inikah Meteorit Sisa Ledakan Tunguska Tahun 1908?



Hai sobat Info ^_^ , sobat ingat Ledakan Tunguska Tahun 1908 ? , ternyata ada sisa Ledakan Tunguska Tahun 1908 . Berikut ulasannya ..

Pada Juni 1908, sebuah ledakan besar terjadi di Tunguska, Siberia, Rusia. Kekuatan ledakan 1.000 kali kekuatan bom Hiroshima, yang meratakan area seluas kota Tokyo. Widih, hebat bener ^_^ .

Penyebab ledakan masih dipertanyakan. Namun, teori yang paling diterima menyatakan, ledakan terjadi akibat adanya asteroid atau komet yang masuk ke atmosfer Bumi dan meledak. Meski dampak ledakan terhadap lingkungan besar, korban meninggal sangat sedikit. Tak ada saksi, tak ada kawah jejak ledakan. Ini misteri loh sobat , hehehe :D .

Kini, diberitakan Livescience, Kamis (2/5/2013), Andrei E Zlobin, peneliti dari Russian Academy of Sciences, Vernadsky State Geological Museum, berhasil mengidentifikasi batu yang mungkin adalah meteorit sisa ledakan itu.

Zlobin mendapatkan meteorit tersebut lewat ekspedisi tahun 1988 di lokasi ledakan Tunguska. Ia mendapatkan 100 batu yang berpotensi merupakan meteorit. Ada 3 batu yang paling menarik, masing-masing dinamai Dental Crown, Whale, dan Boat. Yang terbesar adalah Whale, beratnya 10,4 gram.

Menurut Zlobin, batu-batu tersebut memiliki lekukan permukaan yang dangkal, yang kadang dijumpai pada batu antariksa yang memasuki Bumi.

Menurut perhitungan Zlobin, ledakan Tunguska tak menghasilkan panas yang cukup di atas permukaan Bumi. Dengan demikian, batu-batu tersebut tak mungkin merupakan batu Bumi yang terbakar, tetapi pasti batuan antariksa yang sempat "dimasak" di atmosfer.

Temuan Zlobin telah dimasukkan ke situs web arXiv.org. Namun demikian, kebenaran bahwa batu-batu itu memang sisa ledakan Tunguska masih harus dipastikan lewat analisis kimia.

Jika batu-batu itu memang meteorit, maka temuan Zlobin merupakan temuan pertama batu jejak ledakan Tunguska. Selain itu, temuan ini akan memberi kesempatan kepada ilmuwan untuk memahami ledakan Tunguska itu sendiri.

Sementara itu, Zlobin menduga bahwa ledakan Tunguska dipicu oleh masuknya sebuah komet yang massa jenisnya sama dengan komet Halley. Tiga batu yang paling menarik adalah pecahan dari komet berlapis es yang memasuki atmosfer Bumi itu.


Sekian informasi dari saya .
Terima kasih telah berkunjung ^_^ .

Ditulis Oleh : Achmadi Iman Faris ~ Faris Share

Faris Art Sobat sedang membaca artikel tentang Inikah Meteorit Sisa Ledakan Tunguska Tahun 1908?. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

2 komentar:

  1. Waah, ternyata masih ada saja sisa ledakan tunguska, yang udah lama terjadi itu, nice share sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob :D , terima kasih telah berkunjung ya sob ^_^ .

      Delete

Mohon Sobat Untuk Tidak Berkata Kasar Pada Formulir Komentar, Dan Mohon Untuk Saling Menghargai .
[1] . Berkomentar boleh , tapi jangan nyepam(BOM COMMENT) ya kaaka ..
[2] . Live link tidak papa , tapi maksimal sehari 2 link jika berkomentar;)
Sekian Dari Admin Dan Terima kasih....

 
Toggle Footer
Copyright © 2012 Faris Share™ All Right Reserved
Blogger Designed by IVYthemes | MKR Site